Senin, 02 Desember 2013

Kawah Spektakuler Super Besar Buatan Manusia

Kawah spektakuler di bawah ini adalah kawah bekas tambang, kawah super besar ini berhasil dibuat oleh manusia denga bantua peralatan yang digunakan untuk mengeruk hasil tambang yang ada di bawah permukaan bumi. Terlihat lubang besar yang mengganga melubangi bumi. Sungguh manusia yang kecil mungil ini telah berhasil merusak bumi, untuk kepentingan manusia itu sendiri. Mari kita lihat beberapa kawah spektakuler super besar buatan manusia.

Kalgoorlie Super Pit (Australia)
Kalgoorlie Super Pit, pertama kali ditemukan emas di sini pada tahun 1893, dan ini kawah raksasa di Australia Barat sekarang benua yang terbesar yang membentang tambang emas terbuka di sepanjang 3,5 km, lebar 1,5 km dan 360 m dalamnya. Diperkirakan 2017 berhenti produktifitasnya.

UnikBaca.Blogspot.com

The Big Hole (Afrika Selatan)
Lubang Besar di Kimberly, Afrika Selatan, dikatakan terbesar lubang digali dengan tangan. Sementara itu ditutup pada tahun 1914, selama masa produktif selama 43 tahun. Diperkirakan ada 50.000 pekerja mereka hanya menggunakan picks dan sekop untuk menggali 22.500.000 ton tanah, menghasilkan hampir 3 ton berlian untuk sang juragan.

UnikBaca.Blogspot.com

Diavik Diamond Mine (Canada)
Diavik Diamond Mine terletak di Slave Kanada Wilayah Utara Ini merupakan tambang dibiarkan terbuka. Mengekploitasi sebuah pulau 220 km persegi dari Lingkaran Kutub Utara, Daerah ini sangat luas untuk menampung Boeing 747 saja memungkinkan. Dengan rentang umur produktifitas16-22 tahun, diperkirakan kawah tersebut telah menghasilkan 8.000.000 karat (1600 kg) berlian setahun.

UnikBaca.Blogspot.com

Bingham Canyon Mine, USA
Bingham Canyon Mine di Utah, lubang buatan manusia terbesar di dunia. Tambang raksasa ini ukuran 4 km lebar dengan kedalaman Km 1,2 ke dalam tanah, hasil ekstraksi dimulai pada 1863. Menghasilkan lebih dari 17 juta ton tembaga dan 715 ton emas.

UnikBaca.Blogspot.com

Mirny Diamond Mine, Russia
Siberia's Diamond. Tambang berlian terbesar terbuka di dunia, ini rakasa Rusia memiliki diameter permukaan 1,2 km dan 525 m dalam. Ukuran lubang adalah sedemikian rupa sehingga arus angin di dalam menyebabkan downdraft yang mengakibatkan helikopter dapat ditarik karena turbulensi. Saat ini menjadi zona terlarang untuk penerbangan.

UnikBaca.Blogspot.com

Ekati Diamond Mine, (Canada)
Ekati Diamond Mine adalah tambang intan komersial pertama di Amerika Utara - setelah dibuka pada tahun 1998 - dan mereka yang masih terpesona oleh demam berlian tidak diragukan lagi buru-buru berharap tidak akan menjadi yang terakhir. Ini sebenarnya hanya sebagian batu dari Tambang Diavic hanya 20 km lebih dekat ke Antartika.Tempat ini dipastikan lebih dingin dan cocok untuk hidup penguin.

UnikBaca.Blogspot.com

Chuquicamata, Chile
Chuquicamata di Chili adalah raksasa tambang yang menghasilkan total catatan dari 29 juta ton tembaga. Meskipun hampir 100 tahun eksploitasi intensif, tetap merupakan sumber daya terbesar tembaga di dunia, dan kawah terbuka ini adalah salah satu yang terbesar didunia ukuranya mencapai 4,3 km panjang, 3 km lebar dan lebih 850 m dalamnya.

UnikBaca.Blogspot.com

Escondida, Chile
He Minera Escondida Pertambangan. Konstruksi dimulai tahun 1990, dan ekploitasi ini baru-baru ini melampaui Chuquicamata sebagai penghasil tembaga terbesar tahunan di dunia, dengan 2.007 hasil tambang, dari 1.480.000 ton senilai US $ 10120000000. 

UnikBaca.Blogspot.com

Udachnaya Diamond Mine, Russia
Seperti Pit Sarlacc pada Linux, Tambang Udachnaya di Rusia adalah kawah buatan terbuka merupakan tambang berlian raksasa dengan kedalaman 600 meter ke dalam kerak bumi. Terletak di Rusia yang luas namun berpenduduk jarang Republik Sakha, tepat di luar lingkaran Arktik, tampaknya penambangan untuk batu-batu berharga masih tetap berjalan.

UnikBaca.Blogspot.com

Grasberg Mine, INDONESIA
Dibuka pada tahun 1973, di Indonesia Tambang Grasberg adalah emas terbesar di dunia tambang dan tambang tembaga ketiga terbesar. Industri ini merusak pemandangan di pegunungan Papua mempekerjakan 19.500 pekerja mengejutkan. Tetapi secara mayoritas sahamnya dimiliki oleh perusahaan AS (Freeport) . Sayang sekali bukan punya orang indonesia.

UnikBaca.Blogspot.com

Tau Gak Sih Mengapa Rel Kereta Api Banyak Batu

Batu kerikil yang ada direl kereta api sebenarnya memang sengaja ditaruh di sekitar rel kereta api, mengapa demikian? Hampir di sepanjang rel kereta api biasanya terdapat batu kerikil yang terletak di bawah dan pada samping kanan dan kiri rel kereta api. Mengapa sengaja ditaruh dan apa fungsinya? Fungsi batu kerikil pada rel kereta api adalah sebagai bantalan pemberat. Dengan adanya lapisan batu kerikil ini rel dapat tetap berdiri dengan stabil. Sehingga kereta api yang berjalan di atasnya pun dapat berjalan dengan baik.
UnikBaca.Blogspot.com
Batu kerikil ini juga berfungsi untuk menyerap getaran (shock absorber) yang terjadi ketika kereta api tengah lewat. Sehingga goncangan yang terjadi ketika kereta api melintas dapat dikurangi. Dan rel kereta api pun tidak cepat rusak dan dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Fungsi berikutnya yaitu untuk menahan dan memperlancar aliran air di saat hujan. Fungsi ini berperan untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah atau erosi pada tanah di sekitar rel kereta api.

Batu kerikil juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya rerumputan di sekitar rel. Tumbuhnya rerumputan di sekitar rel dapat dapat secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan penggemburan tanah di bawahnya. Hal ini tentunya dapat membahayakan karena jika tanah di bawah rel tidak stabil maka akan dapat membahayakan perjalanan kereta api.

Pda posisi-posisi tertentu tidak perlu batu kerikil, seperti rel kereta api yang terdapat di atas jembatan atau jalan raya. Hal ini terjadi karena semua fungsi dari batu kerikil tadi sudah diambil alih fungsinya oleh mekanisme lain.

Jembatan sudah dirancang khusus sedemikian rupa supaya dapat menahan getaran yang akan terjadi yang dihasilkan ketika kereta melintas. Demikian pun dengan rel kereta yang terdapat pada jalan raya, jalan aspal telah menggantikan peranan batu kerikil dengan baik. Sehingga pada tempat-tempat tersebut, tidak diperlukan lagi batu kerikil untuk diletakkan di bawah rel kereta api.